BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Praktek Kerja Indutri
(PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan
secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program
pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja
untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional
tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan,
teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai
kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi
dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang
profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi
kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem
Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut.
Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat
menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa
diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke
dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan
kerja.
Ada beberapa peraturan tentang PRAKERIN dan putusan Menteri. Adapun peraturan PRAKERIN adalah sebagai berikut :
Ada beberapa peraturan tentang PRAKERIN dan putusan Menteri. Adapun peraturan PRAKERIN adalah sebagai berikut :
Tercantum pada UU. No. 2
tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik
melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di
masa yang akan dating
Peraturan Pemerintah No.
29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan
peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik
dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan
peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan
untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
Peraturan pemerintah No.
39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, serta
Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam
melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam
sekolah dan Pendidikan diluar sekolah. Perlu
disadari bahwa sampai pada
saat ini lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) belum dapat diserap
langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti
hampir setiap dunia usaha/ industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK
masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lolos seleksi
penerimaan karyawan rata-rata 3 (tiga) bulan.Hal ini menunjukan bahwa
keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia
usaha/industri.Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan
pihak dunia usaha/ industri.
Memang pada kenyataannya
masih banyak SMK yang sangat minim peralatan praktik.Sehingga peserta diklat
yang harusnya porsi pembelajaran praktik idealnya 70% hanya dapat dilaksanakan
30% saja. Bahkan ada beberapa SMK yang tidak memiliki sama sekali peralatan
praktik, dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat berangan-angan dengan
teori saja tidak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya.SMK yang peralatan
praktik cukup memadai, belum tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di
industri/ usaha.Sekarang peralatan di dunia usaha/ industri sudah serba
otomatis sedangkan peralatan yang ada di SMK-SMK masih manual.Sehingga
pelaksanaan praktik hanya sekedar mengenal peralatan yang ada, kurang
memperhatikan kebutuhan didunia industri/ usaha, itu pun tidak semuanya dapat
memanfaatkan secara maksimal.
1.2 Tujuan Praktek Kerja Industri
a. Untuk menambah wawasan yang luas
b. Untuk mengenal dunia kerja
c. Untuk menambah keahlian
d. Suatu persyaratan dari sekolah
e. Agar memperluas ilmu pengetahuan dalam bidang computer
f. Memperkuat kerja sama antara sekolah dan dunia kerja
BAB II
PROSES KEGIATAN
2.1 Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
STIE Jalan Soekarno Hatta Pasirjati , LA Tansa Mshiro Rangkasbitung
42317, Jabar. Telepon: 0252-207163 ext. 14, Fax: 0252-206794, Website:
http://www.latansa.ac.id, Email: stie_latansamashiro@yahoo.com.
Waktu pelaksanaannya yaitu mulai tanggal 02 Januari - 06 Maret 2014.
2.2 Tinjauan
Umum Lembaga/Perusahaan
Sekolah Tinggi Ilmu
Ekonomi (STIE) La Tansa Mashiro merupakan bagian dari lembaga pendidikan formal
yang didirikan serta diselenggarakan oleh Yayasan La Tansa Mashiro
Rangkasbitung, sebuah yayasan pendidikan yang dirintis oleh salah seorang
pendidik par-excellent Banten, KH. Drs. Ahmad Rifa’i Arief Allahuma Yarham
STIE La Tansa Mashiro
didirikan berdasarkan Akta Yayasan La Tansa Mashiro yang
dibentuk pada tanggal 9 Januari 1991 dengan legalitas Akta Notaris Jusnita
Gunawan SH. Nomor : 4 dan Akta Perubahan Anggaran Dasar Yayasan La Tansa
Mashiro pada Notaris Aliasman, S.H., M.Kn. tertanggal 10 Juni 2010 Nomor : 1
yang telah terdaftar pada kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik
Indonesia Nomor: AHU-2849.AH.01.04 tahun 2010.
Pada tahun 2003 STIE La
Tansa Mashiro mendapatkan Perpanjangan ijin Penyelenggaraan Program Studi
menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, di tanda tangani
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tanggal, 27 Oktober 2003. Nomor:
3137/D/T/2003. pada tahun 2009 STIE La Tansa Membuka 2 program studi baru yaitu
program studi S1 akuntansi dan program studi S2 Magister Manajemen, untuk
program studi akuntasi pelaksanaan perkuliahan resmi dilaksanakan pada tahun
akademik 2009/2010 dan program studi Magister manajemen pada tahun akademik
2010/2011.
Pada bulan Oktober 2010
program studi manajemen mendapatkan Re-akreditasi
dengan peringkat B dari Badan
Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor : 023/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010 tertanggal 29 Oktober 2010.
Sebagaimana tertuang dalam
dokumen sejarah pendirian serta Rencana Induk Pengembangan (RIP) STIE La Tansa
Mashiro. dipersiapkan sebagai “cikal bakal” bagi Universitas Islam La Tansa
Mashiro (UNILAM) Rangkasbitung. Dari Universitas dimana diharapkan lahir para
sarjana yang bukan hanya unggul dari sisi ilmu pengetahuan, tetapi juga handal
dari sisi keimanan dan moralitasnya.
Atas dasar
visi yang dilandasi oleh prinsip keseimbangan antara dimensi ukhrowi dan duniawi
itu, maka keberadaan sekolah tinggi ini dirancang sudah sedemikian rupa,
khususnya secara psikologis agar memiliki semacam ikatan nilai, semangat serta
moralitas dengan tradisi adiluhung kependidikan Islam. Dan untuk mendekatkan
visi itu kepada kenyataan faktual dikemudian hari, maka salah satu strateginya
terletak pada pilihan penempatan kampus STIE La Tansa Mashiro di lingkungan
integral Komplek Pondok Pesantren Modern La Tansa Mashiro yang didalamnya telah
terlebih dahulu diselenggarakan pendidikan formal di tingkat Menengah Pertama
dan Menengah Atas.
Demikian maka
pada periode permulaan antara tahun 1993 sampai dengan 1995. STIE La Tansa
Mashiro Rangkasbitung dilakukan di lingkungan Komplek Pondok Pesantren Modern
La Tansa Mashiro di Parakansantri, ujung timur Kabupaten Lebak-Banten.
Selepas kurang
lebih dua tahun, keberadaan STIE La Tansa Mashiro kemudian dipindahkan ke kota
Rangkasbitung. Langkah ini diambil berdasarkan pertimbangan realistis, bahwa
keberadaan kampus STIE La Tansa Mashiro di Parakansantri ternyata kurang tepat,
karena para calon mahasiswa justru mayoritas berasal dari lingkungan kota
Rangkasbitung dan sekitarnya, yang memang cukup jauh dari parakan santri (+
40 Km.)
Sejak
pemindahan itu, tepatnya tahun 1995, penyelengaraan kegiatan akademik STIE La
Tansa Mashiro dipusatkan di Komplek Perguruan Muhamadiyah Lebak, di kawasan
Salahaur kota Rangkasbitung, sebuah kawasan pemukiman yang menjadi “Langanan
Banjir Tahunan”, pihak yayasan mulalui menggarap proses pembangunan kampus
Pasirjati di kawasan By Pass Soekarno-Hatta Pasirjati Rangkasbitung. Dikampus
inilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi La Tansa Mashiro dan juga Universitas “Masa
Depan” La Tansa Mashiro dipusatkan.
Dan pada tahun
1998, Kampus Pasirjati yang sesunggunya masih darurat itu mulai digunakan oleh
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) La Tansa mashiro. Di kampus inilah “Para
Generasi Pembuka” dilahirkan sebanyak 37 orang Sarjana Ekonomi Manajemen adalah
para sarjana yang telah menyelesaikan seluruh tugas akademiknya dari angkatan 1994,
1995,1996 dan 1997.
Dengan
kepercayaan yang lebih besar lagi diberikan oleh masyarakat, Perguruan Tinggi
La Tansa Mashiro Rangkasbitung, Insya Allah akan terus menerus berusaha
meningkatkan serta mengembangkan kualitas sebagai aspek keberadaanya. Karena
hanya dengan cara inilah visi almarhum penggagas dan pendiri Perguruan Tinggi
ini dapat terwujudkan.
Yakni berperan
serta dalam proses pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia secara integratif,
untuk mengantisipasi secara cermat, kreatif dan produktif terhadap berbagai
tantangan zaman serta dinamika kehidupan yang semakin berat dan kompetitif.
2.2.1 Visi
dan Misi
A. VISI
Menjadikan Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi La Tansa Mashiro yang profesional, berkualitas dan menghasilkan
sumber daya manusia yang berakhlakul karimah serta memiliki jiwa
entrepreneurship.
B. MISI
1.
Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam
bidang ilmu ekonomi.
2. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran
akhlak dan syariah secara integral.
3. Melaksanakan penelitian terapan yang menunjang
pengembangan ilmu ekonomi.
4. Mengadakan
kegiatan pengabdian masyarakat secara edukatif, konsisten dan terprogram dengan
mengacu pada telaah dan kajian bidang ilmu ekonomi.
5. Menjalin
kerja sama dengan pihak terkait dalam upaya meningkatkan jiwa entrepreneurship.
2.2.2
Strategi Pembelajaran
Untuk mencapai
hasil yang optimal, maka strategi belajar yang ditempuh sebagai berikut :
1 Dosen memberikan penjelasan
tentang materi kuliah secara komprehensif, baik materi, pola pendekatan,
pemecahan masalah dan strategi penguasaan materi
2 Mahasiswa diberikan
tugas-tugas untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pendidikan
Islam baik formal, informal, maupun non-formal
3 Mahasiswa dibagi dalam beberapa
kelompok dan diberi wewenang penuh untuk merumuskan, menyajikan dan
menyelesaikan beban tugas masing-masing
4 Dosen dan mashasiswa
bersama-sama mendiskusikan topik-topik yang disajikan, sehingga penguasaaan
terhadap materi lebih intensif dan komprehensif
5 Dosen dan mahasiswa
bersama-sama mengevaluasi hasil belajar yang diharapakan dengan proses belajar
yang dialami
2.3 Alat dan
Bahan
Alat :
A. Komputer
B. Mesin Fotocopy
C. Printer
D. Kertas
E. Speaker Sound
F. Alat Untuk Merakit PC :
a. Kabel UTP
b. Konektor RJ-45
c. Crimping tool
d. Tang pemotong
a. Kabel UTP
b. Konektor RJ-45
c. Crimping tool
d. Tang pemotong
Bahan:
A. Dokumen
B. Jilidan Dokumen
C. Bahan Untuk Merakit PC :
a. PC Server Dan Client
b. HUB
c. Driver LAN
d. LAN Card
e. Software Billing Explorer Dan Client 008
a. PC Server Dan Client
b. HUB
c. Driver LAN
d. LAN Card
e. Software Billing Explorer Dan Client 008
2.4 Proses
Kerja
No
|
HARI/TANGGAL
|
KEGIATAN
|
1.
|
Senin/01/12/2014
|
Fotocopy Makalah
Mahasiswa La Tansa Mashiro
|
2.
|
Selasa/02/12/2014
|
Merapihkan Dan
Membersihkan Fasilitas Koperasi
|
3.
|
Rabu/03/12/2014
|
Menjilid Makalah Serta
Merapihkannya
|
4.
|
Kamis/04/12/2014
|
Fotocopy Makalah
Mahasiswa La Tansa Mashiro
|
5.
|
Jumat/05/12/2014
|
Fotocopy Makalah
Mahasiswa La Tansa Mashiro
|
6.
|
Sabtu/06/12/2014
|
Menjilid Makalah Dan
Mengeprint Mencetak KSM
|
7.
|
Senin/08/12/2014
|
Menjilid Makalah Dan
Menjaga Billing Warnet
|
8.
|
Selasa/09/12/2014
|
Fotocopy Makalah
Mahasiswa La Tansa Mashiro
|
9.
|
Rabu/10/12/2014
|
Membersihkan Dan
Merapihkan Fasilitas Koperasi
|
10.
|
Kamis/11/12/2014
|
Menjilid Dan Fotocopy
Makalah Serta Merapihkannya
|
11.
|
Jumat/12/12/2014
|
Mengeprin Makalah Dan
Logo
|
12.
|
Sabtu/13/12/2014
|
Membersihkan Dan
Merapihkan Pasilitas Koperasi
|
13.
|
Senin/15/12/2014
|
Mengeprin Makalah
|
14.
|
Selasa/16/12/2014
|
Menginput Keuangan Mahasiswa La Tansa
|
15.
|
Rabu/17/12/2014
|
Menginput Keuangan Mahasiswa La Tansa
|
16.
|
Kamis/18/12/2014
|
Menginput Keuangan Mahasiswa La Tansa
|
17.
|
Jumat/19/12/2014
|
Fotocopy Makalah,
Mengetik dan Mengeprint Data Mahasiswa
|
18.
|
Sabtu/20/12/2014
|
Menginput Keuangan
Mahasiswa
|
19.
|
Senin/22/12/2014
|
Mengeprint, Membuat
kaper Mahasiswa La Tansa
|
20.
|
Selasa//23/12/2014
|
Menginput Keuangan La
Tansa
|
21.
|
Rabu/24/12/2014
|
Mengeprint Logo dan
Cetak KSM
|
22.
|
Kamis/25/12/2014
|
LIbur (Hari Natal)
|
23.
|
Jum’at/26/12/2014
|
Fotocopy Makalah Dan
Mengeprint Serta Membuat KSM (Kartu Study Mahasiswa)
|
24.
|
Sabtu/27/12/2014
|
Menginput Keuangan La
Tansa
|
25.
|
Senin/29/12/2014
|
Menginput Keuangan La Tansa
|
26.
|
Selasa/30/12/2014
|
Mengerjakan Makalah La
Tansa Serta Menyelesaikan Keuangan La Tansa
|
27.
|
Rabu/31/12/2014
|
Mengeprint Makalah BAAK
tentang Keuangan
|
28.
|
Kamis/01/01/2015
|
Cuti Bersama (Seluruh
Karyawan)
|
29.
|
Jum’at/02/01/2015
|
Cuti Bersama (Seluruh Karyawan)
|
30.
|
Sabtu/03/01/2015
|
Cuti Bersama (Seluruh
Karyawan)
|
31.
|
Senin/05/01/2015
|
Menginput Keuangan
Mahasiswa
|
32.
|
Selasa/06/01/2015
|
Menginput Keuangan
Mahasiswa
|
33.
|
Rabu/07/01/2015
|
Menginput Keuangan
Mahasiswa
|
34.
|
Kamis/08/01/2015
|
Menginput Keuangan
Mahasiswa
|
35.
|
Jum’at/09/01/2015
|
Menginput Keuangan
Mahasiswa
|
36.
|
Sabtu/10/01/2015
|
Menginput Keuangan
Mahasiswa
|
BAB III
TEMUAN
3.1 Faktor
Penghambat dan Pendukung
3.1.1 Faktor Penghambat
Peserta
PRAKERIN temptnya sudah sesuai dengan jurusanya masing-masing tetapi kurang
perhatian dari kepala unit dalam masalah pekerjaan.
Kurangnya pengetahuan tentang tugas yang diberikan.
Dan kurangnya pengawasan dari pembimbing PRAKERIN.
3.1.2 Faktor Pendukung
a.
Adanya kerjasama yang baik antara pegawai dengan peserta
PRAKERIN.
b.
Toleransi dan kontruksi sangat tertib
c.
Etika kerja di Kantor sangat baik
d.
Adanya fasilitas pendukung seperti, Komputer, aipond, dan
print
e.
Memadainya gedung di Badan Arsip dan Perpustakaaan Kampus.
3.1.3 Temuan
a.
Etika Kerja di Lembaga sangat baik
b.
Toleransi dan Kontruksi sangat Baik
c.
Adanya keakraban dan kerjasama antara pekerja, Pembimbing dan
peserta PRAKERIN
3.2 Manfaat
Yang Dirasakan
a.
Menerapkan ilmu yang dimiliki pada suatu kegiatan nyata yang
produktif dan mendapatkan bekal ilmu dari dunia industri.
b.
Mampu berfikir dan
mempersiapkan diri dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
c.
Memperoleh
pengalaman-pengalaman baru di berbagai bidang dalam dunia industri.
d.
Agar siswa menjadi
lebih kreatif dan selalu berfikir positif.
e.
Supaya siswa lebih bertambah
wawasan
f.
Menjadikan siswa lebih
mandiri dan mau berusaha.
g.
Mendapatkan pengalaman kerja dan memproduksi suatu barang
atau benda kerja.
h.
Menjadi berani dalam berkomunikasi atau berinteraksi kepada
oranglain (pelanggan).
i.
Bisa lebih bertanggung jawab dan berani untuk menghadapi
apapun demi mencapai kesuksesan.
j.
Mendapatkan ilmu dan masukan dari perusahaan tersebut, yang
tidak didaapatkan di sekolahan.
k.
Bisa menghargai orangtua, atas semua yang telah dilakukan.
l.
Mengetahui pahit manisnya bekerja.
m.
Menambah pengalaman dan bisa merasakan sulitnya bekerja.
n.
Bisa merasakan bagaimana kita terjun didunia indutri dan bisa
lebih bertanggung jawab atas pekerjaan.
o.
Bisa mengetahui harga-harga komputer.
3.3
Tindak Lanjut
Menyelesaikan PRAKERIN selama
yang di tentukan oleh pihak Sekolah, maka saya menindak lanjuti untuk pihak
sekolah agar saya diberi wewenang supaya bisa menyelesaikan Prakerin ini dengan
hasil yang sempurna. Sehingga untuk
proses ini Saya menyerahkan langsung ke Pembimbing yang sudah ahli dalam
melakukan semua ini.
BAB IV
PENUTUP
4.1.
Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh
penulis dari hasil laporan PRAKERIN
antara lain :
1.
Komunikasi dapat terjalin dengan baik antar bagian organisasi
di Instansi La Tansa Mashiro karena adanya sistem jaringan komputer.
2.
Selama melakukan PRAKERIN penulis menemukan jati diri selama
berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas.
3.
Berinteraksi atau menggeluti dunia usaha tidak mudah, ada
banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang yang akan kita melakukan hubungan
kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kerjakan.
4.2. Saran
Penulis menyadari
keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun demikian
akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun. Adapun saran
tersebut antara lain :
Dengan adanya program
kerja praktek ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak
SMK Prawira dengan perusahaan atau lembaga La Tansa Mashiro Kota Rangkasbitung.
Dalam penerimaan dan
penempatan para siswa yang melaksanakan PRAKERIN, hendaknya mempertimbangkan
bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan
ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
Bagi pegawai, dapat
memperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan pada perusahaan, agar
siswa yang melaksanakan PRAKERIN dapat memahaminya.
Dan juga agar guru-guru
selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK Prawira. Tiap
jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek
Proses pembelajaran
ditingkatkan dan Harapan penulis supaya kedisiplinan sekolah di tegaskan.
LAMPIRAN


Gambar 1 Memasang Lukisan
Paskibraka

Gambar 3 Berfose Dengan Salah Satu Hewan Langka
Di Tempat PKL
Gambar 2 Foto
BersamaDengan Dewan Guru
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya.
Laporan ini berisikan tentang informasi
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), faktor-faktor yang mempengaruhi siswa, serta
identifikasi dan contoh citra siswa.
Diharapkan Laporan ini dapat memberikan
informasi kepada kita semua tentang bagaimana cara PRAKERIN. Kami menyadari
bahwa Laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran
dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan
makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Laporan ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Laporan ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Carita, 11 Desember 2014
Penyusun
Penyusun
Nzas Zasn
DAFTAR ISI
Lembar
Nama Anggota.........................................................................
i
Lembar
Pengesahan..............................................................................
ii
Kata
Pengantar.....................................................................................
iii
Daftar
Isi..............................................................................................
iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang................................................................................
1
1.2 Tujuan.............................................................................................
3
BAB II PROSES KEGIATAN
2.1
Waktu dan Tempat Pelaksanaan.....................................................
4
2.2
Tinjauan Umum Perusahaan............................................................
4
2.2.1
Visi dan Misi..........................................................................
7
2.2.2
Strategi Pembelajaran............................................................
7
2.3
Alat dan Bahan...............................................................................
8
2.4
Proses Kerja....................................................................................
9
BAB III TEMUAN
3.1
Faktor Pendukung dan Penghambat..............................................
11
3.1.1
Faktor Pendukung.................................................................
11
3.1.2
Faktor Penghambat...............................................................
11
3..2
Manfaat yang Diraskan.................................................................
11
3.3
Tindak Lanjut.................................................................................
12
BAB IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan....................................................................................
13
4.2
Saran..............................................................................................
13
LAMPIRAN
LAPORAN PRAKTIK KERJA
INDUSTRI (PRAKERIN)
KAMPUS LA TANA MASHIRO
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
PERIODE : OKTOBER 2014 s/d
JANUARI 2015
DISUSUN OLEH :
NZAS ZASN
NIS. 9946754532
Disetujui Oleh,
|
|
Pembimbing I
SMK PRAWIRA
ABDUL ROHMAN, SE
|
Pembimbing II
Perusahaan/Instansi
JASNAWI
|
Carita, 11 Desember 2014
Mengetahui :
|
||
Kepala SMK PRAWIRA
|
Pemimpin Perusahaan /Instansi
H.
DINI ARIFIAN, SE.,M.M
|
LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
KAMPUS
LA TANSA MASHIRO
TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
PERIODE
: OKTOBER 2014 s/d JANUARI 2015
DISUSUN
OLEH :
NZAS ZASN
NIS.
9946754532
DINAS
PENDIDIKAN KAB. PANDEGLANG
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK) PRAWIRA CARITA
KOMPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
KAMPUS
LA TANSA MASHIRO
TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
PERIODE
: OKTOBER 2014 s/d JANUARI 2015
Diajukan
Sebagai Salah Satu Tugas Akhir Dalam Pelaksanaan
Praktik
Kerja Industri
DISUSUN OLEH :
NZAS ZASN
NIS. 9946754532
DINAS
PENDIDIKAN KAB. PANDEGLANG
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK) PRAWIRA CARITA
KOMPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
KAMPUS
LA TANSA MASHIRO
TAHUN
PELAJARAN 2014-2015
PERIODE
: OKTOBER 2014 s/d JANUARI 2015
Diajukan
Sebagai Salah Satu Tugas Akhir Dalam Pelaksanaan
Praktik
Kerja Industri

DISUSUN OLEH :
NZAS ZASN
NIS. 9946754532
DINAS
PENDIDIKAN KAB. PANDEGLANG
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK) PRAWIRA CARITA
KOMPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
No comments:
Post a Comment