Saturday, January 17, 2015

Contohh Laporan PRAKERIN TKJ SMK Prawira Carita

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.

            Ada beberapa peraturan tentang PRAKERIN dan putusan Menteri. Adapun peraturan PRAKERIN adalah sebagai berikut :
Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan dating
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, serta Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah. Perlu  disadari  bahwa  sampai pada  saat ini lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) belum dapat diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha/ industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lolos seleksi penerimaan karyawan rata-rata 3 (tiga) bulan.Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri.Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia usaha/ industri.
Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim peralatan praktik.Sehingga peserta diklat yang harusnya porsi pembelajaran praktik idealnya 70% hanya dapat dilaksanakan 30% saja. Bahkan ada beberapa SMK yang tidak memiliki sama sekali peralatan praktik, dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat berangan-angan dengan teori saja tidak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya.SMK yang peralatan praktik cukup memadai, belum tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di industri/ usaha.Sekarang peralatan di dunia usaha/ industri sudah serba otomatis sedangkan peralatan yang ada di SMK-SMK masih manual.Sehingga pelaksanaan praktik hanya sekedar mengenal peralatan yang ada, kurang memperhatikan kebutuhan didunia industri/ usaha, itu pun tidak semuanya dapat memanfaatkan secara maksimal.
1.2       Tujuan Praktek Kerja Industri
a.         Untuk menambah wawasan yang luas
b.         Untuk mengenal dunia kerja
c.         Untuk menambah keahlian
d.         Suatu persyaratan dari sekolah
e.         Agar memperluas ilmu pengetahuan dalam bidang computer
f.          Memperkuat kerja sama antara sekolah dan dunia kerja




















BAB II
PROSES KEGIATAN

2.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
              STIE Jalan Soekarno Hatta Pasirjati , LA Tansa Mshiro Rangkasbitung 42317, Jabar. Telepon: 0252-207163 ext. 14, Fax: 0252-206794, Website: http://www.latansa.ac.id, Email: stie_latansamashiro@yahoo.com. Waktu pelaksanaannya yaitu mulai tanggal 02 Januari - 06 Maret 2014.


2.2 Tinjauan Umum Lembaga/Perusahaan
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) La Tansa Mashiro merupakan bagian dari lembaga pendidikan formal yang didirikan serta diselenggarakan oleh Yayasan La Tansa Mashiro Rangkasbitung, sebuah yayasan pendidikan yang dirintis oleh salah seorang pendidik par-excellent Banten, KH. Drs. Ahmad Rifa’i Arief  Allahuma Yarham
STIE La Tansa Mashiro didirikan berdasarkan Akta Yayasan La Tansa Mashiro    yang dibentuk pada tanggal 9 Januari 1991 dengan legalitas Akta Notaris Jusnita Gunawan SH. Nomor : 4  dan Akta Perubahan Anggaran Dasar Yayasan La Tansa Mashiro pada Notaris Aliasman, S.H., M.Kn. tertanggal 10 Juni 2010 Nomor : 1 yang telah terdaftar pada kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU-2849.AH.01.04 tahun 2010.
Pada tahun 2003 STIE La Tansa Mashiro mendapatkan  Perpanjangan ijin Penyelenggaraan Program Studi menurut Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, di tanda tangani Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi  tanggal, 27 Oktober 2003. Nomor: 3137/D/T/2003. pada tahun 2009 STIE La Tansa Membuka 2 program studi baru yaitu program studi S1 akuntansi dan program studi S2 Magister Manajemen, untuk program studi akuntasi pelaksanaan perkuliahan resmi dilaksanakan pada tahun akademik 2009/2010 dan program studi Magister manajemen pada tahun akademik 2010/2011.
Pada bulan Oktober 2010 program studi manajemen mendapatkan Re-akreditasi dengan peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 023/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010 tertanggal 29 Oktober 2010.
Sebagaimana tertuang dalam dokumen sejarah pendirian serta Rencana Induk Pengembangan (RIP) STIE La Tansa Mashiro. dipersiapkan sebagai “cikal bakal” bagi Universitas Islam La Tansa Mashiro (UNILAM) Rangkasbitung. Dari Universitas dimana diharapkan lahir para sarjana yang bukan hanya unggul dari sisi ilmu pengetahuan, tetapi juga handal dari sisi keimanan dan moralitasnya.
Atas dasar visi yang dilandasi oleh prinsip keseimbangan antara dimensi ukhrowi dan duniawi itu, maka keberadaan sekolah tinggi ini dirancang sudah sedemikian rupa, khususnya secara psikologis agar memiliki semacam ikatan nilai, semangat serta moralitas dengan tradisi adiluhung kependidikan Islam. Dan untuk mendekatkan visi itu kepada kenyataan faktual dikemudian hari, maka salah satu strateginya terletak pada pilihan penempatan kampus STIE La Tansa Mashiro di lingkungan integral Komplek Pondok Pesantren Modern La Tansa Mashiro yang didalamnya telah terlebih dahulu diselenggarakan pendidikan formal di tingkat Menengah Pertama dan Menengah Atas.
Demikian maka pada periode permulaan antara tahun 1993 sampai dengan 1995. STIE La Tansa Mashiro Rangkasbitung dilakukan di lingkungan Komplek Pondok Pesantren Modern La Tansa Mashiro di Parakansantri, ujung timur Kabupaten Lebak-Banten.
Selepas kurang lebih dua tahun, keberadaan STIE La Tansa Mashiro kemudian dipindahkan ke kota Rangkasbitung. Langkah ini diambil berdasarkan pertimbangan realistis, bahwa keberadaan kampus STIE La Tansa Mashiro di Parakansantri ternyata kurang tepat, karena para calon mahasiswa justru mayoritas berasal dari lingkungan kota Rangkasbitung dan sekitarnya, yang memang cukup jauh dari parakan santri (+ 40 Km.)
Sejak pemindahan itu, tepatnya tahun 1995, penyelengaraan kegiatan akademik STIE La Tansa Mashiro dipusatkan di Komplek Perguruan Muhamadiyah Lebak, di kawasan Salahaur kota Rangkasbitung, sebuah kawasan pemukiman yang menjadi “Langanan Banjir Tahunan”, pihak yayasan mulalui menggarap proses pembangunan kampus Pasirjati di kawasan By Pass Soekarno-Hatta Pasirjati Rangkasbitung. Dikampus inilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi La Tansa Mashiro dan juga Universitas “Masa Depan” La Tansa Mashiro dipusatkan.
Dan pada tahun 1998, Kampus Pasirjati yang sesunggunya masih darurat itu mulai digunakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) La Tansa mashiro. Di kampus inilah “Para Generasi Pembuka” dilahirkan sebanyak 37 orang Sarjana Ekonomi Manajemen adalah para sarjana yang telah menyelesaikan seluruh tugas akademiknya dari angkatan 1994, 1995,1996 dan 1997.
Dengan kepercayaan yang lebih besar lagi diberikan oleh masyarakat, Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro Rangkasbitung, Insya Allah akan terus menerus berusaha meningkatkan serta mengembangkan kualitas sebagai aspek keberadaanya. Karena hanya dengan cara inilah visi almarhum penggagas dan pendiri Perguruan Tinggi ini dapat terwujudkan.
Yakni berperan serta dalam proses pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia secara integratif, untuk mengantisipasi secara cermat, kreatif dan produktif terhadap berbagai tantangan zaman serta dinamika kehidupan yang semakin berat dan kompetitif.



2.2.1 Visi dan Misi
A. VISI
Menjadikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi La Tansa Mashiro yang profesional, berkualitas dan menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah serta memiliki jiwa entrepreneurship.
B. MISI
1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam bidang ilmu ekonomi.
2. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran akhlak dan syariah secara integral.
3. Melaksanakan penelitian terapan yang menunjang pengembangan ilmu ekonomi.
4. Mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat secara edukatif, konsisten dan terprogram dengan mengacu pada telaah dan kajian bidang ilmu ekonomi.
5. Menjalin kerja sama dengan pihak terkait dalam upaya meningkatkan jiwa entrepreneurship.

2.2.2 Strategi Pembelajaran
Untuk mencapai hasil yang optimal, maka strategi belajar yang ditempuh sebagai berikut :
1        Dosen memberikan penjelasan tentang materi kuliah secara komprehensif, baik materi, pola pendekatan, pemecahan masalah dan strategi penguasaan materi
2        Mahasiswa diberikan tugas-tugas untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pendidikan Islam baik formal, informal, maupun non-formal
3        Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok dan diberi wewenang penuh untuk merumuskan, menyajikan dan menyelesaikan beban tugas masing-masing
4        Dosen dan mashasiswa bersama-sama mendiskusikan topik-topik yang disajikan, sehingga penguasaaan terhadap materi lebih intensif dan komprehensif
5        Dosen dan mahasiswa bersama-sama mengevaluasi hasil belajar yang diharapakan dengan proses belajar yang dialami

2.3 Alat dan Bahan
Alat :
A. Komputer
B. Mesin Fotocopy
C. Printer
D. Kertas
E. Speaker Sound
F. Alat Untuk Merakit PC :
a. Kabel UTP
b. Konektor RJ-45
c. Crimping tool
d. Tang pemotong
Bahan:
A. Dokumen
B. Jilidan Dokumen
C. Bahan Untuk Merakit PC :
a. PC Server Dan Client
b. HUB
c. Driver LAN
d. LAN Card
e. Software Billing Explorer Dan Client 008

2.4  Proses Kerja

No
HARI/TANGGAL
KEGIATAN
1.
Senin/01/12/2014
Fotocopy Makalah Mahasiswa La Tansa Mashiro
2.
Selasa/02/12/2014
Merapihkan Dan Membersihkan Fasilitas Koperasi
3.
Rabu/03/12/2014
Menjilid Makalah Serta Merapihkannya
4.
Kamis/04/12/2014
Fotocopy Makalah Mahasiswa La Tansa Mashiro
5.
Jumat/05/12/2014
Fotocopy Makalah Mahasiswa La Tansa Mashiro
6.
Sabtu/06/12/2014
Menjilid Makalah Dan Mengeprint Mencetak KSM
7.
Senin/08/12/2014
Menjilid Makalah Dan Menjaga Billing Warnet
8.
Selasa/09/12/2014
Fotocopy Makalah Mahasiswa La Tansa Mashiro
9.
Rabu/10/12/2014
Membersihkan Dan Merapihkan  Fasilitas Koperasi
10.
Kamis/11/12/2014
Menjilid Dan Fotocopy Makalah Serta Merapihkannya
11.
Jumat/12/12/2014
Mengeprin Makalah Dan Logo
12.
Sabtu/13/12/2014
Membersihkan Dan Merapihkan Pasilitas Koperasi
13.
Senin/15/12/2014
Mengeprin Makalah
14.
Selasa/16/12/2014
Menginput  Keuangan Mahasiswa La Tansa
15.
Rabu/17/12/2014
Menginput  Keuangan Mahasiswa La Tansa
16.
Kamis/18/12/2014
Menginput  Keuangan Mahasiswa La Tansa
17.
Jumat/19/12/2014
Fotocopy Makalah, Mengetik dan Mengeprint Data Mahasiswa
18.
Sabtu/20/12/2014
Menginput Keuangan Mahasiswa
19.
Senin/22/12/2014
Mengeprint, Membuat kaper Mahasiswa La Tansa
20.
Selasa//23/12/2014
Menginput Keuangan La Tansa
21.
Rabu/24/12/2014
Mengeprint Logo dan Cetak KSM
22.
Kamis/25/12/2014
LIbur (Hari Natal)
23.
Jum’at/26/12/2014
Fotocopy Makalah Dan Mengeprint Serta Membuat KSM (Kartu Study Mahasiswa)
24.
Sabtu/27/12/2014
Menginput Keuangan La Tansa
25.
Senin/29/12/2014
Menginput Keuangan La Tansa
26.
Selasa/30/12/2014
Mengerjakan Makalah La Tansa Serta Menyelesaikan Keuangan La Tansa
27.
Rabu/31/12/2014
Mengeprint Makalah BAAK tentang Keuangan
28.
Kamis/01/01/2015
Cuti Bersama (Seluruh Karyawan)
29.
Jum’at/02/01/2015
Cuti Bersama (Seluruh Karyawan)
30.
Sabtu/03/01/2015
Cuti Bersama (Seluruh Karyawan)
31.
Senin/05/01/2015
Menginput Keuangan Mahasiswa
32.
Selasa/06/01/2015
Menginput Keuangan Mahasiswa
33.
Rabu/07/01/2015
Menginput Keuangan Mahasiswa
34.
Kamis/08/01/2015
Menginput Keuangan Mahasiswa
35.
Jum’at/09/01/2015
Menginput Keuangan Mahasiswa
36.
Sabtu/10/01/2015
Menginput Keuangan Mahasiswa












BAB III
TEMUAN

3.1 Faktor Penghambat dan Pendukung
            3.1.1 Faktor Penghambat
            Peserta PRAKERIN temptnya sudah sesuai dengan jurusanya masing-masing tetapi kurang perhatian dari kepala unit dalam masalah pekerjaan.
Kurangnya pengetahuan tentang tugas yang diberikan. Dan kurangnya pengawasan dari pembimbing PRAKERIN.
            3.1.2 Faktor Pendukung
a.    Adanya kerjasama yang baik antara pegawai dengan peserta PRAKERIN.
b.   Toleransi dan kontruksi sangat tertib
c.       Etika kerja di Kantor sangat baik
d.   Adanya fasilitas pendukung seperti, Komputer, aipond, dan print
e.       Memadainya gedung di Badan Arsip dan Perpustakaaan Kampus.
3.1.3 Temuan
a.       Etika Kerja di Lembaga sangat baik
b.      Toleransi dan Kontruksi sangat Baik
c.       Adanya keakraban dan kerjasama antara pekerja, Pembimbing dan peserta  PRAKERIN
3.2 Manfaat Yang Dirasakan
a.         Menerapkan ilmu yang dimiliki pada suatu kegiatan nyata yang produktif dan mendapatkan bekal ilmu dari dunia industri.
b.         Mampu berfikir dan mempersiapkan diri dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
c.          Memperoleh pengalaman-pengalaman baru di berbagai bidang dalam dunia industri.
d.         Agar siswa menjadi lebih kreatif dan selalu berfikir positif.
e.          Supaya siswa lebih bertambah wawasan
f.          Menjadikan siswa lebih mandiri dan mau berusaha.
g.        Mendapatkan pengalaman kerja dan memproduksi suatu barang atau benda kerja.
h.        Menjadi berani dalam berkomunikasi atau berinteraksi kepada oranglain (pelanggan).
i.          Bisa lebih bertanggung jawab dan berani untuk menghadapi apapun demi mencapai kesuksesan.
j.          Mendapatkan ilmu dan masukan dari perusahaan tersebut, yang tidak didaapatkan di sekolahan.
k.        Bisa menghargai orangtua, atas semua yang telah dilakukan.
l.          Mengetahui pahit manisnya bekerja.
m.      Menambah pengalaman dan bisa merasakan sulitnya bekerja.
n.        Bisa merasakan bagaimana kita terjun didunia indutri dan bisa lebih bertanggung jawab atas pekerjaan.
o.        Bisa mengetahui harga-harga komputer.
3.3 Tindak Lanjut
                  Menyelesaikan PRAKERIN selama yang di tentukan oleh pihak Sekolah, maka saya menindak lanjuti untuk pihak sekolah agar saya diberi wewenang supaya bisa menyelesaikan Prakerin ini dengan hasil yang sempurna. Sehingga untuk proses ini Saya menyerahkan langsung ke Pembimbing yang sudah ahli dalam melakukan semua ini.





BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil laporan PRAKERIN  antara lain :
1.               Komunikasi dapat terjalin dengan baik antar bagian organisasi di Instansi La Tansa Mashiro karena adanya sistem jaringan komputer.
2.               Selama melakukan PRAKERIN penulis menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas.
3.               Berinteraksi atau menggeluti dunia usaha tidak mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang yang akan kita melakukan hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau kerjakan.
4.2. Saran
Penulis menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun. Adapun saran tersebut antara lain :
Dengan adanya program kerja praktek ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK Prawira dengan perusahaan atau lembaga La Tansa Mashiro Kota Rangkasbitung.
Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan PRAKERIN, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
Bagi pegawai, dapat memperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan pada perusahaan, agar siswa yang melaksanakan PRAKERIN dapat memahaminya.
Dan juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK Prawira. Tiap jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek
Proses pembelajaran ditingkatkan dan Harapan penulis supaya kedisiplinan sekolah di tegaskan.













                                                                     







LAMPIRAN






Gambar 1 Memasang Lukisan Paskibraka

Gambar 3 Berfose Dengan Salah Satu Hewan Langka Di Tempat PKL





Gambar 2 Foto BersamaDengan Dewan Guru





 
 
KATA PENGANTAR


           Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya.
  Laporan ini berisikan tentang informasi Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), faktor-faktor yang mempengaruhi siswa, serta identifikasi dan contoh citra siswa.
    Diharapkan Laporan ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang bagaimana cara PRAKERIN. Kami menyadari bahwa Laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

             Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Laporan ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.





Carita, 11 Desember 2014
             Penyusun
                   
           

                                                                                                   Nzas Zasn


 
DAFTAR ISI

Lembar Nama Anggota......................................................................... i
Lembar Pengesahan.............................................................................. ii
Kata Pengantar..................................................................................... iii
Daftar Isi.............................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang................................................................................ 1
1.2  Tujuan............................................................................................. 3
BAB II PROSES KEGIATAN
2.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan..................................................... 4
2.2 Tinjauan Umum Perusahaan............................................................ 4
2.2.1 Visi dan Misi.......................................................................... 7
2.2.2 Strategi Pembelajaran............................................................ 7
2.3 Alat dan Bahan............................................................................... 8
2.4 Proses Kerja.................................................................................... 9
BAB III TEMUAN
3.1 Faktor Pendukung dan Penghambat.............................................. 11
3.1.1 Faktor Pendukung................................................................. 11
3.1.2 Faktor Penghambat............................................................... 11
3..2 Manfaat yang Diraskan................................................................. 11
3.3 Tindak Lanjut................................................................................. 12
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan.................................................................................... 13
4.2 Saran.............................................................................................. 13

LAMPIRAN


 
LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
KAMPUS  LA TANA MASHIRO
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
PERIODE : OKTOBER 2014 s/d JANUARI 2015

DISUSUN OLEH :
NZAS ZASN
NIS. 9946754532
Carita, 11 Desember 2014
Disetujui Oleh,
Pembimbing I
SMK PRAWIRA


ABDUL ROHMAN, SE
Pembimbing II
Perusahaan/Instansi


JASNAWI
Carita, 11 Desember 2014
Mengetahui :
Kepala SMK PRAWIRA



N. ERNA MARLIA S, M.Pd
Pemimpin Perusahaan /Instansi





H. DINI ARIFIAN, SE.,M.M



LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
KAMPUS LA TANSA MASHIRO
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
PERIODE : OKTOBER 2014 s/d JANUARI 2015






DISUSUN OLEH :
NZAS ZASN
NIS. 9946754532





DINAS PENDIDIKAN KAB. PANDEGLANG
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PRAWIRA CARITA
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

 
LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
KAMPUS LA TANSA MASHIRO
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

PERIODE : OKTOBER 2014 s/d JANUARI 2015
Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas Akhir Dalam Pelaksanaan
Praktik Kerja Industri


DISUSUN OLEH :
NZAS ZASN
NIS. 9946754532


DINAS PENDIDIKAN KAB. PANDEGLANG
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PRAWIRA CARITA
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

 
LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
KAMPUS LA TANSA MASHIRO
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

PERIODE : OKTOBER 2014 s/d JANUARI 2015
Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas Akhir Dalam Pelaksanaan
Praktik Kerja Industri


DISUSUN OLEH :
NZAS ZASN
NIS. 9946754532


DINAS PENDIDIKAN KAB. PANDEGLANG
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PRAWIRA CARITA
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

No comments:

Post a Comment